Tingkat Efektivitas, Keaktifan, dan Hasil Belajar PJOK Dalam Penerapan Pembelajaran Daring Saat Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri Se-Kabupaten Jepara

Putra, Ahmad August Jisa’ (2022) Tingkat Efektivitas, Keaktifan, dan Hasil Belajar PJOK Dalam Penerapan Pembelajaran Daring Saat Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri Se-Kabupaten Jepara. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ahmad august jisa putra_20733251035.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberpara tingkat efektivitas, keaktifan dan hasil belajar PJOK secara daring di SMP Negeri se-Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan angket. Subjek penelitian ini menggunakan prosedur purposive sampling, yaitu metode yang digunakan untuk memperoleh subyek yang kredibel, sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Subyek dalam penelitian ini memeliki kriteria atau syarat, sampel dalam penelitian ini mempunyai kriteria inklusi sebagai berikut: yaitu guru mata pelajaran PJOK di SMP Negeri se- Kabupaten Jepara yang merupakan terlibat langsung dalam proses pembelajaran penjas dengan jumlah guru 67 dan yang bersedia untuk terlibat langsung dalam proses penelitian sebanyak 30 guru yang bersedia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan memberikan angket kepada responden yang menjadi subjek dalam penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif persentase. Hasil penelitian tentang (1) tingkat efektivitas pembelajaran PJOK di masa pandemi atau daring yang terlaksana di SMP Negeri se-Kabupaten Jepara menunjukkan rata-rata analisis mengatakan dalam kategori “Sedang” sebanyak 43.33%. (2) tingkat keaktifan pembelajaran PJOK di masa pandemi atau daring yang terlaksana di SMP Negeri se-Kabupaten Jepara menunjukkan rata-rata analisis mengatakan dalam kategori “Rendah” sebanyak 63.67%. (3) hasil balajar PJOK di masa pandemi atau daring yang terlaksana di SMP Negeri se- Kabupaten Jepara menunjukkan rata-rata analisis mengatakan dalam kategori “Sedang” sebanyak 36.67%. Dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pandemi menimbulkan dampak yang menjadi refleksi dan pembelajaran bagi guru untuk kegiatan belajar di masa pandemi.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Eddy Purnomo, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: efektivitas, keaktifan, hasil belajar, PJOK, pandemi Covid-19
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 07 Dec 2022 08:43
Last Modified: 07 Dec 2022 08:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75270

Actions (login required)

View Item View Item