Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran PJOK di SMP Negeri 1 Saptosari

Yuliyanto, Anang Wahyu (2022) Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran PJOK di SMP Negeri 1 Saptosari. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_anang wahyu yuliyanto_18601244021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan kajian terhadap implementasi pendekatan saintifik yang dilaksanakan oleh guru PJOK di SMP Negeri 1 Saptosari. Penelitian ini menggunakan metode kalitatif. Sedangkan unuk pengambilan data dilaksanakan di SMP Negeri 1 Saptosari. Untuk uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi dan teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden sumber data yaitu Guru PJOK.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran PJOK di SMP Negeri 1 Saptosari sudah terlaksana dengan baik. Perencanaan pembelajaran yang disusun oleh Guru sudah menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran 5M. Pelaksanaan 5M sudah dilaksanakan dan kegiatan 5M sudah diaplikasikan semua oleh Guru secara maksimal sehingga masuk dalam kategori dangat baik. Dari pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh Guru PJOK ada beberapa hal yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode saintifik yaitu pada saat kegiatan pendahuluan, Guru belum menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. sedangkan kegiatan penutup guru belum membimbing peserta didik untuk membuat simpulan kegiatan pembelajaran. Masalah utama Guru PJOK dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu peserta didik belum berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Guru sudah melakukan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Sri Winarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: implementasi, pendekatan saintifik, guru PJOK, kurikulum 2013
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Nov 2022 09:20
Last Modified: 23 Nov 2022 09:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75259

Actions (login required)

View Item View Item