OPTIMALISASI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM METODE PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID

Yolanda, Elsa (2022) OPTIMALISASI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM METODE PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_elsa yolanda_17101241017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan optimalisasi supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam metode pembelajaran jarak jauh sehingga hasil dari kegiatan supervisi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan guru SMA Negeri 1 Kota Mungkid. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data, serta menggambar dan memverifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, serta tindak lanjut hasil supervisi. Selama penerapan kebijakan PJJ kegiatan supervisi akademik dilaksanakan menggunakan media Google Meet dan Google Classroom. Kegiatan supervisi akademik yang dilaksanakan sudah berjalan dengan baik namun masih belum optimal dan masih memerlukan perbaikan-perbaikan dalam segi pelaksanaannya. Upaya optimalisasi dilakukan untuk mencapai kualitas pembelajaran yang maksimal dan meminimalisir kendala dalam pelaksanaan supervisi akademik. Optimalisasi dilakukan mulai dari membuat perencanaan dengan matang dan guru menginformasikan lebih awal kepada peserta didik agar mereka lebih siap dalam mengikuti PBM. Kepala sekolah membentuk Tim Multimedia untuk membantu guru pada saat PJJ dan pelaksanaan supervisi akademik. Terkait dengan pengendalian masalah teknis sekolah berupaya dengan cara memberikan bantuan kuota dan menyediakan fasilitas komputer bagi peserta didik. Kepala sekolah menerapkan sistem reward and punishment setelah pelaksanaan kegiatan supervisi akademik untuk memberikan motivasi kepada guru agar selalu berupaya lebih baik dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Optimizing Academic Supervision, Improving Learning Quality, Supervision in the Method of Distance Learning.
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 23 Nov 2022 08:51
Last Modified: 23 Nov 2022 08:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75257

Actions (login required)

View Item View Item