Badruzzaman, Muhammad Haikal (2022) STRATEGI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN ANIMO PESERTA DIDIK BARU DI MA DARUS SHOLIHIN DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
fulltext_muhammad haikal badruzzaman_17101244022.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil pencapaian prestasi pemasaran MA Darus Sholihin di tahun sebelumnya (2) Strategi yang digunakan MA Darus Sholihin untuk mengidentifikasi dan menganalisis pasar (3) Segmentasi pasar dan positioning yang disasar MA Darus Sholihin (4) Strategi diferensiasi yang digunakan MA Darus Sholihin (5) Strategi promosi yang digunakan MA Darus Sholihin (6) Strategi evaluasi promosi yang digunakan MA Darus Sholihin Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa MA Darus Sholihin. Penelitian ini berlokasi di MA Darus Sholihin depok. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Analisis prestasi pemasaran dilakukan dengan kegiatan menganalisis hasil pencapaian atau promosi pada tahun sebelumnya yang membuktikan bahwa animo peserta didik baru di MA Darus Sholihin masih fluktuatif. (2) Identifikasi dan analisis pasar bahwa terdapat kebutuhan konsumen yang dapat dijadikan peluang pemasaran bagi pengelola MA Darus Sholihin namun belum terjaring secara maksimal. (3) Segmentasi dan positioning MA Darus Sholihin menyasar pada kalangan menengah ke atas (4) Diferensiasi yang terdapat di MA Darus Sholihin di antaranya meliputi muatan lokal dan program atau kegiatan yang ditawarkan. (5) Promosi dilakukan dengan berbagai cara, yaitu melalui media elektronik, media cetak, serta melalui metode mulut ke mulut. (6) Evaluasi promosi dilakukan pada awal tahun ajaran baru oleh tim promosi. Kegiatan ini juga membahas tentang keefektifan hasil promosi yang telah dilaksanakan sebelumnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | School strategy, promotion, increasing interest. |
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 08:48 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 08:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75254 |
Actions (login required)
View Item |