PERAN HUMAS (HUBUNGAN MASYARAKAT) DALAM STRATEGI PROMOSI DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF BULUREJO

Rahayu, Yanuartika Fitriyana (2021) PERAN HUMAS (HUBUNGAN MASYARAKAT) DALAM STRATEGI PROMOSI DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF BULUREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_yanuartika fitriyana rahayu_17101241009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran humas dalam melakukan strategi promosi di MI Ma’arif Bulurejo, strategi promosi penerimaan peserta didik baru MI Ma’arif Bulurejo, dan kendala-kendala dalam melakukan strategi promosi peningkatan peserta didik baru di MI Ma’arif Bulurejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator humas, dan operator sekolah. Setting penelitian yaitu berada di MI Ma’arif Bulurejo. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, studi dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman,dan Saldana. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran humas sebagai komunikator meliputi informasi-informasi yang disampaikan oleh koordinator humas yaitu mengenai pendidikan, gejala-gejala pendidikan, atau problematika anak yang ada di sekolah.. (2) Peran humas dalam good image maker dilakukan dengan memasang visi misi, logo sekolah, profil sekolah di sekitar area sekolah. Selain itu menciptakan lingkungan yang kondusif dan mengembangkan ekstrakurikuler di sekolah. (3) Peran humas dalam back up management dilakukan dengan adanya dukungan dari kepala sekolah dan guru, dan tentunya dilengkapi dengan adanya fasilitas sekolah yang memadai. (4) Strategi promosi yang dilakukan melalui sosialisasi ke beberapa TK/RA/BA, banner yang tertempel di depan sekolah, brosur yang disebar ke ke TK/RA/BA, pembuatan twibbon yang di share di status whatsapp guru, dan kirab drumband dengan berjalan di sekitar jalanan sekolah. (5) Kendala-kendala yang dihadapi saat pelaksanaan strategi promosi yaitu adanya pandemi COVID-19 yang membatasi setiap pertemuan masyarakat dengan sekolah dan lemahnya literasi masyarakat terhadap informasi yang disampaikan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran humas, Strategi Promosi
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:58
Last Modified: 06 Dec 2022 02:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75249

Actions (login required)

View Item View Item