PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK PADA PEMBELAJARAN DARING DI KECAMATAN SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN

Arzella, Nita (2021) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK PADA PEMBELAJARAN DARING DI KECAMATAN SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_nita arzella_17101241025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru TK pada pembelajaran daring di Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman, (2) mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru TK pada pembelajaran daring di Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman, (3) mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi profesional dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru TK pada pembelajaran daring di Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian mencakup seluruh guru TK di Kecamatan Seyegan yang berjumlah 80 orang dari 18 Sekolah. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah 65 guru yang ditentukan dengan menggunakan tabel Isaac dan Michael dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling kuota. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru TK pada pembelajaran daring di Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman, dengan taraf signifikan 5%, thitung (9,273) > ttabel (1,999) dan koefisiensi determinan (R2) = 0,577; (2) ada pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru TK pada pembelajaran daring di Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman, dengan taraf signifikan 5%, thitung (6,329) > ttabel (1,999) dan koefisiensi determinan (R2) = 0,389; (3) ada pengaruh kompetensi profesional dan motivasi kerja secara bersama- sama terhadap kinerja guru TK pada pembelajaran daring di Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman, dengan taraf signifikan 5%, Fhitung (53,817) > Ftabel (3,15) dan koefisiensi determinan (R2) = 0,635 dan Sumbangan Efektif dari kompetensi profesional > motivasi kerja (45,50% > 18,00%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Professional Competence, Work Motivation, Performance of Kindergarten Teachers on Online Learning
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:28
Last Modified: 23 Nov 2022 06:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75248

Actions (login required)

View Item View Item