MANAJEMEN PEMBELAJARAN DARING DI PONDOK PESANTREN NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO

Efendi, Mohammad Lutfan (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DARING DI PONDOK PESANTREN NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_mohammad lutfan efendi_17101244015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran daring di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo, mulai dari perencanaan pembelajaran daring, pelaksanaan pembelajaran daring, dan evaluasi pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala biro pendidikan, kabid kurikulum dan penjamin mutu biro pendidikan, guru, dan pendamping wali asuh, serta santri. Adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data melalui wawancara, analisis dokumen, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Milles dan Huberman yang tercakup empat kegiatan yaitu; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang manajemen pembelajaran daring di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo menunjukkan bahwa; 1) perencanaan pembelajaran daring terdiri dari membuat surat edaran dan mensosialisasikannya kepada seluruh ketua lembaga, pengurus, guru, dan pendamping wali asuh; melakukan koordinasi yang baik dengan wali santri; menyiapkan aplikasi penunjang pembelajaran; menyiapkan sarana-prasarana; menyusun jadwal piket untuk guru dan pendamping wali asuh; menyusun jadwal pelajaran dari lembaga sesuai ketentuan pesantren; menyusun silabus dan RPP untuk guru sesuai ketentuan pesantren. 2) pelaksanaan proses belajar mengajar daring dilakukan pada hari Sabtu-Kamis waktu pagi hari jam 08.00-11.30 WIB dimulai tahap awal, inti/pengajaran, dan penilaian/tindak lanjut dengan menggunakan aplikasi google meet, zoom, dan youtube, perbedaan dengan pembelajaran luring adalah adanya pendamping wali asuh di kelas untuk mengganti peran guru dan membantu santri dalam belajar yang diharapkan dapat membuat kondusifitas kelas saat belajar daring. 3) evaluasi pembelajaran daring menggunakan evaluasi formatif yaitu penilaian berupa tes yang dilakukan setelah satu pokok bahasan selesai dipelajari santri; dan evaluasi sumatif yaitu penilaian berupa tes yang dilaksanakan setelah proses belajar mengajar selesai dalam jangka waktu tertentu (satu semester); kedua bentuk tes tersebut dilakukan guru dengan dibantu oleh pendamping wali asuh melalui google form atau google drive; pendamping wali asuh akan membantu santri ketika mengalami hambatan belajar dan remedial dari hasil evaluasi formatif maupun sumatif

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Islamic Boarding School, Learning Management, Online Learning
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 23 Nov 2022 05:15
Last Modified: 23 Nov 2022 05:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75247

Actions (login required)

View Item View Item