ANALISIS KEBUTUHAN GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI DI KOTA AMBON

Samanery, Risky Dahlan (2021) ANALISIS KEBUTUHAN GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI DI KOTA AMBON. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_risky dahlan samanery_16101241028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kebutuhan guru SMP Negeri di Kota Ambon; (2) faktor-faktor kekurangan guru SMP Negeri di Kota Ambon; (3) upaya dinas pendidikan dalam mengatasi kebutuhan guru SMP Negeri di Kota Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis kebutuhan guru dalam penelitian ini digunakan data sekunder. Pengumpulan data digunakan studi dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data utama, sedangkan untuk kros cek dan penguatan data digunakan teknik wawancara dan observasi. Subjek penelitian adalah Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan trigulasi data (Miles, Huberman dan saldana) dan rumus perhitungan berdasarkan pedoman Petunjuk Teknis Peraturan Bersama Lima Menteri Tahun 2011. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) berdasarkan hasil perhitungan kelebihan dan kekurangan guru pada SMP Negeri di Kota Ambon yaitu guru mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti kelebihan 10 orang, guru PPKn kekurangan 8 orang, guru bahasa indonesia kekurangan 35 orang, guru bahasa inggris kekurangan 15 orang, guru matematika kekurangan 16 orang, guru ilmu pengetahuan alam kelebihan 20 orang, guru ilmu pengetahuan sosial kelebihan 28 orang, guru seni budaya kekurangan 37 orang, guru pendidikan jasmani kekurangan 9 orang, guru prakarya atau informatika kekurangan 23 orang; (2) faktor-faktor penyebab kekurangan atau kelebihan guru yaitu adanya guru pensiun, belum adanya pengangkatan guru baru, tidak meratanya persebaran guru, mutasi, meninggal dunia, moratorium, dan juga berhenti; (3) upaya yang dilakukan Dinas Pendidikan Kota Ambon dalam menanggulangi permasalahan guru ini adalah memberikan legalitas berupa SK kepada guru honorer dan melakukan analisis berdasarkan laporan yang diberikan oleh sekolah mengenai besaran jumlah dan kualifikasi guru yang dibutuhkan dan dikoordinasikan dengan badan kepegawaian daerah (BKD) untuk ditindaklanjuti.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teacher needs, shortages and advantages of teachers, Department of education
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:54
Last Modified: 23 Nov 2022 03:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75240

Actions (login required)

View Item View Item