STRATEGI KOMUNIKASI GURU TERHADAP PESERTA DIDIK DAN ORANG TUA SISWA UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA

Haidar, Muhammad Hajid (2021) STRATEGI KOMUNIKASI GURU TERHADAP PESERTA DIDIK DAN ORANG TUA SISWA UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_muhammad hajid haidar_17101241023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan strategi komunikasi guru dengan peserta didik dan orang tua selama pembelajaran daring di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek Penelitian ini adalah guru,peserta didik dan orang tua di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Teknik Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisi data menggunakan model analisi tematik, dengan tahapan reduksi, pengorganisasian dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan (1) Strategi komunikasi guru dengan peserta didik terdiri atas pengenalan khalayak yang dilakukan melalui whatsapp dan temu wali. Pada segi isi pesan, guru menyampaikan hal terkait kegiatan akademik dan non-akademik secara verbal. Dari sisi metode, dominasi teknik informatif dengan media whatsapp. Dari segi peranan komunikator, guru berperan untuk membangkitkan perhatian, minat, hasrat, keputusan, melakukan suatu kegiatan. Hambatan komunikasi diantaranya menurunnya motivasi belajar, kurangnya umpan balik dan interaksi, dan adanya gangguan teknologi. Upaya yang dilakukan dengan memberikan motivasi, menciptakan iklim komunikasi dua arah dan memberikan bantuan kuota. (2) Strategi komunikasi guru dengan orang tua siswa terdiri atas pengenalan khalayak dilakukan melalui whatsapp. Pada segi isi pesan, terkait kegiatan akademik dan non-akademik yang disampaikan secara verbal. Dari sisi metode, dominasi teknik informatif dengan media whatsapp. Dari segi peranan komunikator, guru berperan membangkitkan perhatian, minat dan motivasi orang tua siswa untuk mendampingi anaknya. Hambatan komunikasi diantaranya terkadang slow respon. Upaya yang dilakukan dengan berkomunikasi secara personal dan melakukan pengulangan informasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: communication, communication strategy, learning
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:47
Last Modified: 23 Nov 2022 03:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75239

Actions (login required)

View Item View Item