UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH (MANU) KOTAGEDE YOGYAKARTA DI ERA PANDEMI COVID-19

Anam, Saroful (2021) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH (MANU) KOTAGEDE YOGYAKARTA DI ERA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_saroful anam_15101241051.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) upaya Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Nurul Ummah (MANU) Kotagede Yogyakarta dalam meningkatkan kedisiplinan guru di era pandemi COVID-19; (2) Hambatan terkait kedisiplinan yang terjadi di Madrasah Aliyah Nurul Ummah (MANU) Kotagede Yogyakarta di era pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian yang sekaligus menjadi sumber data adalah 1 Kepala Sekolah, 4 guru dan 1 siswa di Madrasah Aliyah Nurul Ummah (MANU) Kotagede Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan menggunakan model deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) upaya Kepala Sekolah MANU dalam meningkatkan kedisiplinan guru di era pandemi COVID-19 yaitu: (a) mengatur manajemen sekolah dengan mengingatkan bagian TU untuk segera mengirim link presensi harian guru dan mengingatkan bagian kurikulum untuk mengirim jadwal pembelajaran; (b) memberi contoh sebagai leader seperti berangkat ke Madrasah paling awal setiap hari dan mengumpulkan soal ujian di awal waktu; (c) memberi mandat ke divisi kurikulum untuk melakukan teguran terhadap guru yang sering terlambat; (d) mengirim pesan singkat via WhatsApp kepada guru yang sering tidak hadir berdasarkan laporan dari divisi kurikulum atau TU; (e) memberikan suri tauladan yang baik seperti sabar dalam mendidik siswa dan murah senyum kepada siapapun; (f) selalu berprasangka baik kepada semua guru; (g) konsisten dalam mengingatkan ibadah sholat malam kepada guru; (h) mengangkat permasalahan kedisiplinan guru ke dalam rapat evaluasi. (2) Hambatan-hambatan yang dialami kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru yaitu: (a) hambatan administrasi online yang meliputi kelalaian guru dalam mengisi laporan harian dan presensi online; (b) kepemimpinan kepala sekolah yang kurang memiliki ketegasan dan keberanian untuk menegur; (c) semangat guru untuk belajar sesuatu masih rendah sehingga pengetahuan terkait IT juga masih rendah (d) belum adanya peraturan paten dari Madrasah seperti Surat Keputusan (SK) dan Surat Peringatan (SP)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: upaya Kepala Sekolah, kedisiplinan guru, COVID-19.
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:44
Last Modified: 06 Dec 2022 06:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75238

Actions (login required)

View Item View Item