Implementasi Fungsi Manajemen, Struktur Organisasi Serta Gaya dan Fungsi Kepemimpinan Organisasi Olahraga: Studi Kasus Pada UNY E-sports Community

Hijriansyah, Denaz Karuma (2022) Implementasi Fungsi Manajemen, Struktur Organisasi Serta Gaya dan Fungsi Kepemimpinan Organisasi Olahraga: Studi Kasus Pada UNY E-sports Community. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_denaz karuma hijriansyah_20711251006.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut: 1) mengetahui implementasi fungsi manajemen organisasi olahraga di UNY E-sports Community, 2) mengetahui bentuk struktur organisasi olahraga di UNY E-sports Community, 3) mengetahui penerapan gaya dan fungsi kepemimpinan di UNY E-sports Community. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini berjumlah 11 orang yang terdiri dari ketua, sekretaris-bendahara, pembina dan para pengurus organisasi UNY E-sports Community. Teknik pengambilan data menggunakan catatan lapangan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data studi kasus Miles & Huberman dengan strategi analisis, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) implementasi fungsi manajemen di UNY E-sports Community khususnya POAC sudah berjalan dengan baik, meskipun pada aspek pengorganisasian dan penggerakan masih perlu dioptimalisasi dan ditinjau kembali. Implementasi kedua aspek tersebut masih terkendala bentuk komunikasi yang kurang efektif , penentuan posisi dan tanggungjawab yang belum memiliki standar jelas serta cara penggerakan yang digunakan masih belum memaksimalkan kinerja para pengurus, 2) bentuk struktur organisasi yang digunakan UNY E-sports Community termasuk dalam kategori bentuk struktur birokrasi, 3) penerapan gaya kepemimpinan dan fungsi kepemimpinan di UNY E-sports Community berpengaruh pada jalannya organisasi. Secara keseluruhan gaya kepemimpinan yang terapkan ketua organisasi lebih dominan pada tipe ethical leadership, hal ini diwujudkan dengan cara ketua dalam memanajerial organisasi dengan memposisikan diri sebagai konselor yang baik dan mampu menjadi perantara antar manajemen.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed.
Uncontrolled Keywords: fungsi manajemen, struktur organisasi, gaya kepemimpinan, fungsi kepemimpinan
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 07 Dec 2022 08:20
Last Modified: 07 Dec 2022 08:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75220

Actions (login required)

View Item View Item