Hubungan Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar dan Tanggung Jawab Belajar terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Siswa kelas V Sekolah Dasar se-Kecamatan Depok, Sleman

Pramadi, Rizki Zidane (2022) Hubungan Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar dan Tanggung Jawab Belajar terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Siswa kelas V Sekolah Dasar se-Kecamatan Depok, Sleman. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_rizki zidane pramadi_20633251003.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK. (2) Hubungan kemandirian belajar terhadap hasil belajar PJOK. (3) Hubungan tanggung jawab belajar terhadap hasil belajar PJOK. (3) Hubungan motivasi belajar, kemandirian belajar, dan tanggung jawab belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar PJOK. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dimana penelitian ini meneliti tentang variabel yang kejadiannya sudah terjadi sebelum penelitian tersebut dilaksankan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didi kelas V SD Negeri se-Kecamatan Depok, Sleman yang berjumlah 1277 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V SD Negeri se-Kecamatan Depok, Sleman dengan jumlah 306 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. Dengan begitu motivasi belajar memiliki hubungan positif yang signifikan dengan hasil belajar PJOK. (2) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar PJOK dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukan terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar PJOK. (3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara tanggung jawab belajar dengan hasil belajar PJOK dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. Berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar PJOK. (4) Ada interaksi yang signifikan antara motivasi belajar, kemandirian belajar dan tanggung jawab belajar secara Bersama-sama terhadap hasil belajar PJOK karena koefisien korelasi (Motivasi, kemandirian dan tanggung jawab) bernilai positif dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hedi Ardiyanto Hermawan, M.Or.
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, kemandirian belajar, tanggung jawab belajar, hasil belajar PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:58
Last Modified: 22 Nov 2022 03:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75215

Actions (login required)

View Item View Item