PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN NGAGLIK

Sulistyaningrum, Heni (2021) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN NGAGLIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_heni sulistyaningrum_16101244023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi, strategi dalam memecahkan masalah dan model konseptual pada pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di SMA Negeri se-Kecamatan Ngaglik. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, asesor dan guru. Lokasi penelitian di 2 SMA Negeri se-Kecamatan Ngaglik. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara semiterstruktur, observasi non-partisipatif, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, data display, kesimpulan dan verifikasi data. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepala SMA N se-Kecamatan Ngaglik melaksanakan supervisi akademik melalui tahap, a. Perencanaan yaitu perumusan tujuan, penentuan jadwal pelaksanaan, prosedur dan administrasi guru yang perlu disiapkan; b. Kepala sekolah membentuk tim terdiri dari wakil kepala sekolah bidang kurikulum, koordinator asesor dan asesor; c. Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah menggunakan pendekatan langsung, tidak langsung dan kolaborasi. Teknik yang digunakan yaitu pertemuan individu dan rapat. Instrumen yang digunakan berupa angket dan catatan supervisi akademik; d. Penilaian dilakukan oleh kepala sekolah dibantu asesor. Penentuan hasil akhir didasarkan pada hasil akumulasi nilai dari instrumen; e. Pelaporan melalui proses identifikasi, analisis dan catatan hasil supervisi akademik; f. Evaluasi disampaikan melalui rapat dan pertemuan individu; g. Tindak lanjut pelaksanaan supervisi akademik dilakukan dengan analisis kebutuhan hasil supervisi. (2) Strategi kepala sekolah dalam menghadapi permasalahan dengan melakukan pergantian jadwal pelaksanaan supervisi akademik dan membuat program berupa bimbingan teknis atau workshop untuk penyusunan administrasi guru. (3) Model konseptual menunjukkan hubungan antara elemen yang terdapat dalam pelaksanaan supervisi akademik sehingga program tersebut dapat berjalan dengan baik dan mendukung tercapainya tujuan supervisi akademik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, SMA
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 17 Nov 2022 08:34
Last Modified: 09 Dec 2022 07:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75168

Actions (login required)

View Item View Item