UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI METODE REWARD PIAGAM DISIPLIN DI KELAS II SDN GOLO YOGYAKARTA

Ramadhani, Anita Eka (2022) UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI METODE REWARD PIAGAM DISIPLIN DI KELAS II SDN GOLO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Anita Eka Ramadhani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian didasari dengan ditemukannya sikap disiplin belajar siswa yang masih kurang selama kegiatan pembelajaran. Penelitian dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di kelas II SDN Golo Yogyakarta melalui penerapan metode reward menggunakan piagam disiplin. Penelitian juga dilakukan untuk mengetahui proses pemberian reward piagam disiplin guna peningkatan kedisiplinan belajar siswa. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Golo Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan skala psikologi berupa skala disiplin siswa. Analisis data penelitian menggunakan analisis kualitatif menurut Milles dan Huberman dan analisis kuantitatif dengan statistik deskriptif kuantitatif. Penerapan metode reward piagam disiplin dilakukan dengan diintegrasikan pada model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Sintaks pembelajaran tersebut antara lain invitasi, eksplorasi, penjelasan dan solusi serta pengambilan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kedisiplinan belajar siswa setelah penerapan metode reward piagam disiplin. Peningkatan ditunjukkan dengan persentase 59% kategori rendah dan 41% kategori cukup menjadi 50% kategori cukup dan 50% kategori tinggi pada siklus I. Hasil pada siklus II juga mengalami peningkatan dimana diperoleh 68% kategori sangat tinggi dan 32% kategori tinggi dengan hasil seluruh siswa mendapatkan nilai skala disiplin lebih besar dari 75. Dengan demikian, sikap disiplin belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penerapan metode reward piagam disiplin. Kata kunci: metode reward, piagam disiplin, disiplin belajar, siswa kelas II

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:10
Last Modified: 17 Nov 2022 07:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75160

Actions (login required)

View Item View Item