PENGARUH SELF EFFICACY DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KAPANEWON SEWON KABUPATEN BANTUL

Dewanti, Pingkan Pangestu (2022) PENGARUH SELF EFFICACY DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KAPANEWON SEWON KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Pingkan Pangestu D.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemandirian belajar siswa kelas V SD Negeri se-Kapanewon Sewon Kabupaten Bantul. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap kemandirian belajar siswa, pengaruh perhatian orang tua terhadap kemandirian belajar siswa, serta pengaruh self efficacy dan perhatian orang tua terhadap kemandirian siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se-Kapanewon Sewon Kabupaten Bantul yang berjumlah 890 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 197 siswa ditentukan menggunakan teknik stratified purposive sampling dan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi dan instrumen pengumpulan data menggunakan skala kemandirian belajar, self efficacy, dan perhatian orang tua. Uji validitas ini menggunakan teknik expert judgement dan validitas item yang dihitung menggunakan koefisien korelasi. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) self efficacy berpengaruh secara parsial terhadap kemandirian belajar siswa dengan sumbangan sebesar 35,5%, 2) perhatian orang tua berpengaruh secara parsial terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 5%, 3) self efficacy dan perhatian orang tua berpengaruh secara simultan terhadap kemandirian belajar siswa dengan sumbangan sebesar 40,5%. Kata kunci: self efficacy, perhatian orang tua, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:07
Last Modified: 17 Nov 2022 07:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75159

Actions (login required)

View Item View Item