PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN PPKN SISWA KELAS II SD

Yusinta, Reza (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN PPKN SISWA KELAS II SD. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Reza Yusinta.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk berupa e-modul berbasis flipbook yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis materi hak dan kewajiban pada muatan PPKn siswa kelas II. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono menggunakan tujuh tahapan yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, dan 7) revisi produk. Kelayakan modul dinilai oleh ahli materi, ahli media, dan guru. Uji efektifitas dilakukan di SD Negeri Jetis dengan subjek 12 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan angket untuk siswa dan guru. Penelitian ini menggunakan desain one group pre test post test. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan pengembangan yang telah dilakukan, diperoleh hasil berupa produk e-modul berbasis flipbook yang dinyatakan layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran kelas II di sekolah dasar. Hasil validasi materi terhadap media tersebut memperoleh nilai rata-rata 4,70 dengan kategori sangat layak. Hasil validasi media terakhir memperoleh nilai rata-rata 5 dengan kategori sangat layak. Hasil respon siswa pada uji coba lapangan awal memperoleh nilai rata-rata 4,50 dengan kategori sangat layak dan hasil respon uji coba lapangan utama siswa memperoleh nilai rata-rata 4,16 dengan kategori layak. Hasil respon uji coba guru memperoleh nilai rata-rata 4,83 dengan kategori sangat layak. Sedangkan, hasil uji efektifitas skala kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dari pre test memperoleh nilai rata-rata 3,46 dan post test memperoleh nilai rata-rata 4,23. Kata kunci: e-modul, flipbook, kemampuan berpikir kritis, PPKn

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Nov 2022 06:30
Last Modified: 17 Nov 2022 06:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75154

Actions (login required)

View Item View Item