KUALITAS LAYANAN ON SITE PADA MASA NEW NORMAL DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNY

Ifadah, Silfi Nur (2021) KUALITAS LAYANAN ON SITE PADA MASA NEW NORMAL DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_silfi nur ifadah_17101241008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kualitas layanan on site di Perpustakaan Fakultas Ilmu Pendidikan pada masa new normal, (2) hambatan dalam pelaksanaan layanan on site pada masa new normal. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif di Fakultas Ilmu Pendidikan. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 0,1 dan n= 883. Jumlah sampel penelitian yaitu 90 responden dengan Teknik incidental sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode angket melalui google form, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 22 dan Microsoft Excel 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan on site pada masa new normal di Perpustakaan Fakultas Ilmu Pendidikan termasuk kategori sangat baik dengan rerata persentase sebesar 82%. Kualitas layanaan perpustakaan dilihat dari sub variabel bukti fisik (tangibles) memperoleh persentase sebesar 81% termasuk kriteria cukup baik, sub variabel kehandalan (reliability) memperoleh persentase sebesar 85% termasuk kriteria sangat baik, sub variabel ketanggapan (responsiveness) memperoleh persentase 80% termasuk kriteria cukup baik, sub variabel jaminan (assurance) memperoleh persentase 83% termasuk kriteria sangat baik dan sub variabel empati (empathy) memperoleh persentase sebesar 83% termasuk kriteria sangat baik. Hambatan pelaksanaan layanan on site yaitu a) tidak adanya anggaran untuk memperbarui koleksi bahan pustaka sesuai permintaan pemustaka, b) belum dapat membuka layanan baca ditempat dikarenakan kondisi perpustakaan yang kurang memadai apabila harus menata ulang ruangan sesuai protokol, dan c) tidak tersedianya fasilitas kuota internet rutin untuk petugas perustakaan saat Work From Home (WFH) sehingga sering membuat website katalog terlambat diperbarui. Kemudian untuk hambatan eksternal pelaksaaan layanan on site yaitu perpustakaan Fakultas Ilmu Pendidikan pernah ditegur oleh pihak rektorat dikarenakan membiarkan mahasiswa keluar masuk perpustakaan untuk mengambil buku, sehingga kedepannya perpustakaan harus koordinasi dengan humas UNY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kualitas, layanan on site perpustakaan, new normal
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:08
Last Modified: 06 Dec 2022 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75148

Actions (login required)

View Item View Item