DAMPAK DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR TERHADAP KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI TK/RA/SEDERAJAT KABUPATEN PURWOREJO

Nuha, Muhammad Ulyn (2020) DAMPAK DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR TERHADAP KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI TK/RA/SEDERAJAT KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_muhammad ulyn nuha_16101244021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak diklat berjenjang tingkat dasar terhadap kinerja guru dalam pembelajaran di TK/RA/sederajat Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data primer penelitian adalah guru TK peserta diklat berjenjang tingkat dasar. Sumber data sekunder penelitian adalah guru lain yang satu instansi dengan guru tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan model interaktif (Miles, Huberman dan Saldana). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa diklat berjenjang tingkat dasar berdampak terhadap aspek administrasi penyusunan RPP, proses perencanaan kegiatan, peralatan dan alokasi waktu pembelajaran, aspek komunikasi guru dengan anak, penggunaan alat permainan edukatif, peningkatan tahap perkembangan anak, pemberian kesempatan bermain anak dan aspek metode evaluasi. Sedangkan, diklat berjenjang tingkat dasar kurang berdampak terhadap kinerja guru dalam aspek kegiatan pendukung keaksaraan anak, pengetahuan tentang gizi, kesehatan dan kebersihan dan aspek pencatatan, pendokumentasian, dan pelaporan evaluasi perkembangan anak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kinerja,guru, TK/RA/Sederajat
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 17 Nov 2022 01:48
Last Modified: 09 Dec 2022 06:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75137

Actions (login required)

View Item View Item