PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SD MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) (Studi Kuasi Eksperimen pada siswa Kelas III SD di Kecamatan Sukajadi Kota Bandung Tahun Pelajaran 2011-2012)

Burhan Iskandar, Alam (2012) PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SD MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) (Studi Kuasi Eksperimen pada siswa Kelas III SD di Kecamatan Sukajadi Kota Bandung Tahun Pelajaran 2011-2012). Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. pp. 1-16. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 16.pdf

Download (240kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Kemampuan pemahaman dan komunikasi matematika merupakan hal penting bagi siswa dan perlu ditingkatkan, melalui proses pembelajaran. Mencapai kemampuan dimaksud diperlukan kompetensi guru dalam memilih pendekatan pembelajaran yang mengantarkan siswa memahami konsep matematika dan mengasah kemampuan berkomunikasi matematisnya. Salah satu pendekatan yang relevan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa adalah pendekatan RME. Sehingga, tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh pembelajaran pendekatan RME terhadap kemampuan pemahaman dan kumunikasi matematis siswa, digunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian kontrol pretest-postest. Menjadikan 201 siswa kelas III SD di Kecamatan Sukajadi Kota Bandung sebagai subyek penelitian, diperoleh data melalui instrument tes ; 15 soal PG, dan 5 soal uraian, serta pemberian angket sikap siswa. Menggunakan software anates versi 4.0 menunjukkan instrument tes adalah valid dan reliabel, memiliki tingkat kesukaran dan daya pembeda yang baik. Hasil uji dengan ANOVA two way dengan SPSS versi 16 menunjukkan data berdistribusi normalitas dan homogen pada tingkat signifikansi alpha 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman pada level sekolah (rendah 12,78% dan sig 0,011; sedang 10,08 %; dan sig 0,021; serta tinggi 11,34% dan sig 0,041). Selanjutnya, peningkatan kemampuan komunikasi matematik pada level sekolah (rendah 6,96% dan sig 0,040; sedang 9,40 % dan sig 0,000; serta tinggi 6,42% dan sig 0,037). Peningkatan-peningkatan tersebut adalah signifikan pada alpha 5%. Analisis data angket memperlihatkan bahwa siswa bersikap positif terhadap pelajaran matematika. Oleh karena itu, pembelajaran dengan pendekatan RME dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa, sehingga diharapkan agar guru dapat menerapkan pendekatan RME sebagai upaya memotivasi siswa dalam meningkatkan kualitas belajar matematika. Kata Kunci : Pemahaman Matematis, Komunikasi Matematis, dan Pendekatan RME

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Matematis, Komunikasi Matematis, dan Pendekatan RME
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 23 Nov 2012 00:39
Last Modified: 23 Nov 2012 00:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7511

Actions (login required)

View Item View Item