PERSEPSI GURU TENTANG KINERJA PENGAWAS SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN

Putri, Yowanika Reza Utama (2020) PERSEPSI GURU TENTANG KINERJA PENGAWAS SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_yowanika reza u p_13101241041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru tentang kinerja pengawas sekolah dasar se-Kecamatan Depok Kabupaten Sleman yang terbagi atas 4 aspek yaitu: (1) persepsi guru tentang kinerja pengawas sekolah dasar dalam melaksanakan pembinaan guru, (2) persepsi guru tentang kinerja pengawas sekolah dasar dalam memantau pelaksanaan Standar Nasional Pendidikan, (3) persepsi guru tentang kinerja pengawas sekolah dasar dalam melaksanakan penilaian kinerja guru, dan (4) persepsi guru tentang kinerja pengawas sekolah dasar dalam melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesional guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Eksplanasi penelitian ini tergolong penelitian desktiptif. Lokasi penelitian ini adalah 49 sekolah dasar yang terdiri dari 37 sekolah negeri dan 12 sekolah swasta di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Jumlah populasi yaitu 665 guru dengan sampel sebanyak 226 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Uji kelayakan instrumen penelitian dengan menguji validitas dan reliabilitas menggunakan program aplikasi IBM SPSS Statistic 20.0 for windows. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mempersepsikan kinerja pengawas sekolah dasar masuk dalam kategori cukup baik. Sebanyak 140 responden (61,95%) mempersepsikan kinerja pengawas sekolah pada kategori cukup baik. Sebanyak 138 responden (61,06%) mempersepsikan kinerja pengawas sekolah dalam melaksanakan pembinaan guru pada kategori cukup baik. Sebanyak 125 responden (55,31%) mempersepsikan kinerja pengawas sekolah dalam memantau pelaksanaan Standar Nasional Pendidikan pada kategori cukup baik. Sebanyak 79 responden (34,96%) mempersepsikan kinerja pengawas sekolah dalam melaksanakan penilaian kinerja guru pada kategori cukup baik. Sebanyak 128 responden (56,64%) mempersepsikan kinerja pengawas sekolah dalam melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesi guru pada kategori cukup baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kinerja pengawas sekolah, persepsi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 14 Nov 2022 08:50
Last Modified: 14 Nov 2022 08:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75098

Actions (login required)

View Item View Item