INTENSITAS PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI OLAHRAGA SISWAKELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) DI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN

Sari, Adinda Narulita (2020) INTENSITAS PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI OLAHRAGA SISWAKELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) DI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_adinda narulita sari_15101241023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ketersediaan sarana dan prasarana olahraga yang digunakan siswa kelas khusus olahraga (KKO) yang meliputi jenis, jumlah, kondisi, dan kelengkapan sarana prasarana olahraga. 2) Intensitas pemanfaatan sarana dan prasarana olahraga dengan jadwal penggunaan sarana prasarana olahraga oleh siswa kelas khusus olahraga (KKO) Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitiatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana olahraga, guru olahraga dan pelatih cabang olahraga. Dengan responden berjumlah 11 orang. Lokasi penelitian yaitu SMA Negeri 1 Seyegan Sleman. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model dari Miles dan Huberman yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut a) Ketersediaan sarana dan prasarana olahraga mencukupi untuk jenis, jumlah, kelengkapan dan keseleruhan kondisinya baik. b) Untuk intensitas pemanfaatannya sudah terjadwal dan mempunyai tingkat keseringan berbeda-beda dalam setiap cabang olahraga. Pemanfaatan sarana dan prasarana olahraga untuk memenuhi kebutuhan setiap cabang olahraga dilakukan secara efektif dan efisien agar bakat siswa dapat meningkat dan menghasilkan prestasi yang diharapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sarana dan prasarana olahraga, Kelas Khusus Olahraga (KKO)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 14 Nov 2022 08:45
Last Modified: 14 Nov 2022 08:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75096

Actions (login required)

View Item View Item