Praptiningsih, Praptiningsih (2020) EVALUASI PEMBINAAN PEGAWAI DI BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
fulltext_praptiningsih_16101241041.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah mengevaluasi program pembinaan pegawai di Badan Diklat DIY dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) melalui komponen: (1) konteks yang ditinjau dari latar belakang dan tujuan program (2) masukan yang ditinjau dari sarana dan prasarana, sumber dana, dan SDM (3) proses yang ditinjau dari bentuk kegiatan dan kesesuaian jadwal pelaksanaan program (4) produk ditinjau dari hasil pelaksanaan dan ketercapaian tujuan program. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa pedoman observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabasahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Data dianalisis dengan tahapan analisis data, membaca keseluruhan data dengan memberikan catatan khusus, mengkoding, mengkategorikan tema, mendeskripsikan tema, menginterpretasi data. Hasil penelitian (1) Konteks: latar belakang dan tujuan pelaksanaan program masuk dalam kategori baik (2) Masukan: (a) Sarana dan prasarana program pembinaan pegawai dapat dimanfaatkan dengan baik dan jumlahnya tercukupi dan dikategorikan baik (b) Pendanaan pembinaan dikelola berdasarkan kebutuhan, namun hanya bersumber pada satu pendanaan, maka dikategorikan kurang (c) SDM, (pegawai dan pejabat struktural) dapat berpartisipasi dengan baik, namun untuk penempatan pegawai belum sesuai dengan latar belakang pendidikan, maka pada aspek masukan ini dikategorikan baik (3) Proses: Bentuk kegiatan pembinaan dikategorikan cukup dan kesesuaian jadwal masuk dalam kategori kurang, dan manfaat pembinaan termasuk dalam kategori baik, maka pada aspek proses pembinaan masuk dalam kategori cukup (4) Produk: Hasil pelaksanaan program pembinaan pegawai dikategorikan baik dan ketercapaian tujuan dikategorikan cukup, maka pada aspek hasil pembinaan masuk dalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan Pegawai, Evaluasi, Bandiklat DIY |
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 07:13 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 06:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75091 |
Actions (login required)
View Item |