IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI MTS AL MA’HAD AN-NUR BANTUL

Abqorie, Muhammad Sabiq (2020) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI MTS AL MA’HAD AN-NUR BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_muhammad sabiq abqorie_13101241034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di MTs Al Ma’had An-Nur Bantul; (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di MTs Al Ma’had An-Nur Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan wawancara observasi dan studi dokumen. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Data dianalisis dengan model interaktif Milles Huberman yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian adalah (1) Bentuk Implementasi MBS yang meliputi tujuh komponen manajemen: pertama manajemen kurikulum, kedua manajemen tenaga kependidikan, ketiga manajemen peserta didik, keempat manajemen keuangan dan pembiayaan, kelima manajemen sarana dan prasarana, keenam manajemen hubungan sekolah dan masyarakat dan ketujuh manajemen layanan khusus. Adapun hasil Implementasi MBS di MTs Al Ma’had An Nur Bantul yang diperoleh adalah untuk manajemen kurikulum yang dibuat menyesuaikan dengan pendidikan pesantren terwujud dengan adanya kelas tahfidz dan pelajaran kepesantrenan, manajemen kependidikan untuk perekrutan guru yang dari pesantren ditunjuk langsung kepala sekolah dengan memenuhi syarat-syarat yang ditentukan, manajemen peserta didik karena sekolah berada di pesantren mayoritas siswanya berasal dari pondok pesantren dan untuk kelas putra dan puti dipisahkan, manajemen pembiayaan dapat terorganisir dengan baik , manajemen fasilitas yang ada di sekolah juga sudah memadai, untuk pengelolaan yang masih kurang seperti: manajemen humas belum maksimal kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat, alumni dan manajemen layanan khusus untuk kesehatan dan keamanan belum memadai.(2) Faktor pendukung Implementasi MBS di MTs Al Ma’had An Nur Bantul: seperti: kegiatan keagamaan Islam di sekolah (Asma’ul husna, sholat dhuha, dan kajian kitab kuning), peserta didik yang mayoritas dari pesantren sehingga memudahkan dalam pengkondisan terutama dalam tata tertib sekolah, memiliki gedung sekolah dan ruang kelas yang baik. Untuk faktor penghambat implementasi manajemen berbasis sekolah di MTs Al Ma’had An Nur seperti: partisipasi masyarakat yang masih rendah terhadap kegiatan sekolah, fasilitas yang kurang mencukupi seperti jumlah kamar mandi yang sedikit, belum memiliki UKS yang baik sebagai unit kesehatan sekolah, sistem keamanan sekolah yang masih lemah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Berbasis Sekolah, MTs Al Ma’had An Nur
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 14 Nov 2022 06:51
Last Modified: 14 Nov 2022 06:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75088

Actions (login required)

View Item View Item