KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA DI SMA NEGERI 1 PAKEM, YOGYAKARTA

Maula, Nurkholifatul (2020) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA DI SMA NEGERI 1 PAKEM, YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_nurkholifatul maula_16101244005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi perspektif kepala sekolah terhadap prestasi akademik siswa dan strategi yang dilakukan dalam kepemimpinan transformasional kepala sekolah untuk meningkatkan prestasi akademik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian dari kepala sekolah, satu orang wakil kepala sekolah, dua orang guru, dan dua orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, studi dokumentasi dan observasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki tujuan untuk meningkatkan prestasi akademik siswa. Prestasi akademik siswa difokuskan pada peningkatan nilai ujian nasional dan jumlah lulusan yang masuk ke perguruan tinggi. Kepala sekolah melakukan beberapa strategi untuk meningkatkan prestasi akademik siswa, diantaranya: melakukan evaluasi bersama dengan stakeholder sekolah untuk membantu dalam membentuk visi dan misi sekolah, kepala sekolah memfasilitasi guru untuk mengikuti workshop dan pelatihan, kepala sekolah menyiapkan konsultan IT (Informasi dan Teknologi) atau laboran untuk membantu guru menerapkan pembelajaran berbasis internet, kepala sekolah memberikan kesempatan kepada guru untuk menjadi narasumber pada workshop atau pelatihan, kepala sekolah membuat peraturan untuk guru agar berperan aktif dalam MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), Kepala sekolah melibatkan orangtua dalam proses perumusan bimbingan belajar dan evaluasi hasil belajar, kepala sekolah berkolaborasi dengan berbagai tokoh dan ahli diberbagai bidang untuk menjadi narasumber di program sarasehan budaya, Mengadakan program bimbingan belajar jam ke-0 untuk kelas 11, bimbingan belajar kelas 12, bimbingan belajar di hari Sabtu, membentuk program belajar bebas, kepala sekolah mengatasi masalah administratif guru melalui MGMP, dan kepala sekolah mengadakan workshop evaluasi setiap semester. Semua strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah bertujuan untuk meningkatkan prestasi akademik siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Kepala Sekolah dan Prestasi Akademik siswa.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 01 Dec 2022 01:14
Last Modified: 01 Dec 2022 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75084

Actions (login required)

View Item View Item