PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DALEMAN GILANGHARJO PANDAK BANTUL YOGYAKARTA

Mubarokah, Shelly Aulia (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DALEMAN GILANGHARJO PANDAK BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Shelly Aulia Mubarokah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode pembelajaran bermain peran pada siswa kelas V SD Negeri Daleman, Gilangharjo, Pandak, Bantul, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Daleman, Gilangharjo, Pandak, Bantul, Yogyakarta yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data soal tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Soal tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar kognitif siswa, sedangkan lembar observasi digunakan untuk memperoleh hasil belajar afektif dan psikomotor siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS pada materi karakteristik geografis Indonesia dan kegiatan ekonomi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data nilai hasil belajar kognitif dan analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis data hasil observasi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode bermain peran dengan menempuh langkah-langkah metode bermain peran, penggunaan media peta konsep, dan properti drama. Peningkatan hasil belajar IPS terlihat dari kondisi awal persentase kentuntasan hasil belajar sebesar 34,48% meningkat menjadi 82,76%, dari 34,48% menjadi 62,07% pada siklus I, pada siklus II dari 62,07% menjadi 82,76%. Secara proses, menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran menjadi meningkat, terlihat dari siswa yang lebih aktif dan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan. Kata kunci : Hasil belajar, pembelajaran IPS, metode bermain peran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:40
Last Modified: 14 Nov 2022 04:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75083

Actions (login required)

View Item View Item