PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN POKOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) KELAS IVA SD NEGERI BHAYANGKARA KOTA YOGYAKARTA

Oktarika, Meidiyani (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN POKOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) KELAS IVA SD NEGERI BHAYANGKARA KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Meidiyani Oktarika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menemukan gagasan pokok siswa kelas IVA SD Negeri Bhayangkara. Kemampuan menemukan gagasan pokok siswa kelas IVA tergolong rendah, terdapat 7 dari 29 siswa yang memenuhi nilai KKM > 70. Model pembelajaran CIRC mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan gagasan pokok. Metode penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (Action Research). Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri Bhayangkara yang terdiri dari 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa model CIRC dapat meningkatkan kemampuan menemukan gagasan pokok siswa kelas IVA SD Negeri Bhayangkara. Nilai rata-rata siswa pada siklus 1 sebesar 73 mengalami peningkatan menjadi 76. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebesar 59% mengalami peningkatan menjadi 72% pada siklus 2. Kata kunci : kemampuan menemukan gagasan pokok, model pembelajaran CIRC

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:10
Last Modified: 14 Nov 2022 04:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75081

Actions (login required)

View Item View Item