PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MODEL GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN (GSM) DI SD NEGERI REJODANI SLEMAN

Adiba, Zahara (2020) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MODEL GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN (GSM) DI SD NEGERI REJODANI SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_zahara adiba_16101244012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) evaluasi pembelajaran model Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di SD Negeri Rejodani Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas 1, 2, dan 3. Lokasi penelitian yaitu SD Negeri Rejodani Sleman. Teknik pengambilan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahap perencanaan pembelajaran model GSM meliputi pembuatan RPP, persiapan learning environments, dan pelatihan model GSM bagi para guru. RPP yang dibuat yakni RPP kurikulum 2013 sesuai ketentuan dinas. Hanya ada satu orang guru yang sudah melakukan penyederhanaan RPP. Persiapan learning environments meliputi ruang aktivitas fisik dan ruang aktivitas emosi. Pelatihan model GSM dilakukan dengan sistem bergantian dan dilengkapi dengan modul. (2) Pada tahap pelaksaaan guru menggunakan problem based learning yang disesuaikan dengan kurikulum 2013. Pembelajaran disusun dalam suatu rangkaian kegiatan dengan berbagai metode belajar. Guru selalu menjalin komunikasi dan kerjasama dengan orangtua maupun masyarakat di sekitar sekolah. (3) Pada tahap evaluasi, siswa dinilai dari segi kognitif, afektif, dan psikomotorik. Terdapat character development berupa pemberian bintang kebaikan sebagai apresiasi terhadap karakter siswa yang diwujudkan ke dalam sikap religius, jujur, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, tanggung jawab, dan peduli terhadap sesama maupun lingkungan. Terdapat pula evaluasi pelaksanaan GSM di sekolah dalam bentuk raport dan penyebaran informasi terkait model GSM kepada stakeholder pendidikan melalui media sosial

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gerakan Sekolah Menyenangkan, Learning Management
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:09
Last Modified: 14 Nov 2022 04:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75080

Actions (login required)

View Item View Item