PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK MENGGUNAKAN BOOK CREATOR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS II SD PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SECARA DARING DI SD IT TUNAS MULIA WONOSARI

Saharani, Arnika Cahyamurti (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK MENGGUNAKAN BOOK CREATOR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS II SD PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SECARA DARING DI SD IT TUNAS MULIA WONOSARI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Arnika Cahyamurti Saharani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa e-book menggunakan website Book Creator yang layak untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas II SD pada pembelajaran tematik secara daring di SD IT Tunas Mulia Wonosari, dan mengetahui keefektifan media pembelajaran e-book menggunakan Book Creator yang dihasilkan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian ADDIE. Tahap pengembangan yang dilakukan dengam model tersebut yaitu, Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket respon siswa, skala penilaian ahli, dan soal evaluasi (pre test dan post test). Kelayakan produk didapat berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi dan ahli media, Sedangkan keefektifan produk didapat berdasarkan hasil angket respon siswa yang diberikan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran e-book. Selain itu, peneliti juga menggunakan uji-t berpasangan (paired sample t-test) dengan taraf signifikansi 0,05 untuk mengetahui peningkatan minat belajar antara sebelum dan sesudah memakai media pembelajaran e-book. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran e-book menggunakan Book Creator yang dihasilkan mendapatkan kategori “layak” berdasarkan penilaian dari ahli materi dan kategori “sangat layak” berdasarkan penilaian ahli media, serta media pembelajaran tersebut juga efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas II SD IT Tunas Mulia Wonosari. Hasil uji-t berpasangan pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa media pembelajaran tersebut dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas II SD secara signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kata Kunci: e-book, Book Creator, minat belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:03
Last Modified: 14 Nov 2022 04:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75078

Actions (login required)

View Item View Item