PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI WIROMARTAN

Wahyuningsih, Desi (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI WIROMARTAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Desi Wahyuningsih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Wiromartan dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dan partisipasif antara penulis dengan guru kelas V selama 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Wiromartan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, jurnal catatan guru dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, lembar wawancara, tes, dan jurnal catatan guru. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan untuk mendeskripsikan hasil pengolahan data sedangkan analisis kuantitatif dilakukan dengan cara mengolah skor hasil observasi, dan tes. Hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Wiromartan. Peneliti memperoleh hasil bahwa : hasil belajar kognitif siswa meningkat dari rerata 70,6 dan ketuntasan 44% pada siklus II menjadi rerata 80,2 dan ketuntasan 86%. Sedangkan hasil observasi keaktifan belajar siswa menunjukkan peningkatan, pada siklus I kategori tinggi sebesar 79% dari jumlah siswa keseluruhan, sedangkan pada siklus II, keaktifan belajar siswa kelas V mengalami perbaikan menjadi 84%. hasil observasi psikomotor siswa mengalami peningkatan 11% dari siklus I ke siklus II yaitu siklus I memiliki persentase 78% menjadi 89% pada siklus II. Dan hasil observasi aktivitas guru menunjukkan peningkatan, pada siklus I memiliki persentase 77% dengan kategori baik. Sedangkan, pada siklus II memiliki persentase 94% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:00
Last Modified: 14 Nov 2022 04:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75077

Actions (login required)

View Item View Item