PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Shafananda, Nabila (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Nabila Shafananda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline pada materi Kondisi Geografis Wilayah Indonesia yang telah diuji kelayakan dan kepraktisannya untuk digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada metode penelitian Borg & Gall yang dibatasi pada tujuh langkah, yatu : 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba lapangan awal, 6) uji coba lapangan utama, dan 7) revisi hasil uji coba lapangan utama. Subjek uji coba lapangan awal adalah 3 siswa dan subjek uji coba lapangan utama adalah 9 siswa kelas V SD Negeri Kauman. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, penilaian media oleh ahli materi dan media, angket respon guru, dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline layak digunakan untuk siswa kelas V sekolah dasar. Hal tersebut berdasarkan pada hasil validasi produk dengan ahli materi 4,5 dengan kategori “sangat layak”, hasil validasi produk dengan ahli media tahap pertama 4,0 dengan kategori “layak” dan tahap kedua 4,4 kategori “sangat layak”, hasil penilaian guru kelas sebagai pengguna praktis 4,69 dengan kategori “sangat layak”, hasil penilaian siswa sebagai pengguna uji coba lapangan awal 4,75 dengan kategori “sangat praktis”, serta skor uji lapangan utama 4,68 dengan kategori “sangat praktis”. Secara keseluruhan, multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas V sekolah dasar. Kata Kunci: Multimedia interaktif, Articulate Storyline, Meningkatkan motivasi belajar, Siswa kelas V

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:54
Last Modified: 14 Nov 2022 03:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75073

Actions (login required)

View Item View Item