PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POGURU BERBASIS MONOPOLI BERBARCODE PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD NEGERI 2 BOJASARI

Afriadani, Tita (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POGURU BERBASIS MONOPOLI BERBARCODE PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD NEGERI 2 BOJASARI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Tita Afriadani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran Poguru berbasis monopoli berbarcode. Selain itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran Poguru pada materi bangun ruang kelas V SD Negeri 2 Bojasari Kabupaten Wonosobo. Pengembangan ini dilakukan dengan metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Bojasari Kabupaten Wonosobo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Hasil pengembangan yang telah dilakukan adalah media pembelajaran Poguru berbasis monopoli berbarcode yang layak digunakan pada pembelajaran matematika materi bangun ruang kubus dan balok pada kelas V SD Negeri 2 Bojasari Kabupaten Wonosobo. Hasil dari validasi ahli media mencapai rata-rata 4 dengan kategori “baik”, validasi ahli materi mencapai rata-rata 4,43 dengan kategori “sangat baik”, hasil uji coba guru mencapai persentase 100% dengan kategori “sangat layak”, dan hasil uji coba peserta didik mencapai persentase 100% dengan kategori “sangat layak”. Kata kunci: media pembelajaran, Poguru, bangun ruang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:51
Last Modified: 14 Nov 2022 03:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75071

Actions (login required)

View Item View Item