PENGELOLAAN PROGRAM RESEARCH CLASS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU ABU BAKAR BOARDING SCHOOL KULON PROGO YOGYAKARTA

Rahmayani, Tika (2020) PENGELOLAAN PROGRAM RESEARCH CLASS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU ABU BAKAR BOARDING SCHOOL KULON PROGO YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_tika rahmayani_16101244011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan kegiatan kokurikuler Research Class di SMA IT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo, yang mencakup: (1) Pengelolaan dalam fungsi manajemen : a. Perencanaan; b. Pengorganisasian; c. Pelaksanaan; d. Pengawasan; e. Evaluasi, (2) Hambatan dalam Pengelolaan, (3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, pengelola program literasi, dan guru metodologi penelitian. Lokasi penelitian di SMA IT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan triangulasi teknik dan trianggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengelolaan kegiatan research class meliputi: a. Perencanaan membahas mengenai persiapan guru kebijakan, fasilitas, dan pedoman dari kegiatan research class; b. Pengorganisasian meliputi penetapan guru pembina, guru pembimbing, dan pengelompokan siswa; c. Pelaksanaan dari kegiatan research class meliputi pemberian materi, penyususan proposal dan hasil penelitian, mempresentasikan hasil penelitian, mencetak hasil penelitian, dan penilaian; d. Pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan dilakukan oleh guru dan kepala sekolah melalui rapat rutin; e. Evaluasi dilakukan saat pembahasan kegiatan pada rapat akhir tahun. (2) Hambatan meliputi padatnya jadwal kegiatan siswa, penggunaan laptop terbatas, dan kurangnya kesadaran dalam mencantumkan kutipan. (3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan tersebut meliputi pengarahan dalam penentuan judul, pembatasan jumlah penggunaan laptop, dan membuat catatan pengingat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Research Class
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:50
Last Modified: 06 Dec 2022 02:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75070

Actions (login required)

View Item View Item