PERBEDAAN PEMAHAMAN MATERI PECAHAN ANTARA KELAS YANG DIAJAR DENGAN MODEL NHT DAN STAD DI SD NEGERI GODEAN 2 GODEAN SLEMAN

Putri, Dhea Adzana (2022) PERBEDAAN PEMAHAMAN MATERI PECAHAN ANTARA KELAS YANG DIAJAR DENGAN MODEL NHT DAN STAD DI SD NEGERI GODEAN 2 GODEAN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dhea Adzana Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman materi pecahan secara signifikan antara Kelas yang diajar dengan model Numbered Head Together (NHT) dan Student Team Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design. Kelompok eksperimen 1 diberikan perlakuan berupa pembelajaran model STAD dan kelompok eksperimen 2 menggunakan pembelajaran model NHT. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB di SD Negeri Godean 2. Jumlah siswa kelas IVA yang berjumlah 28 dan siswa kelas IVB di SD Negeri Godean 2 sebanyak 30 siswa. Jumlah sampel 36 yang diambil secara acak menggunakan rumus Federer. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan secara signifikan pemahaman materi pecahan antara Kelas yang diajar dengan model NHT dan STAD, dengan model STAD lebih baik daripada model NHT. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai t hitung 7,393 > t tabel (df 34) 2,032, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan nilai rata-rata posttest antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 mempunyai selisih sebesar 17,78, yang berarti pemahaman materi pecahan kelas dengan perlakuan model pembelajaran STAD lebih baik daripada kelas dengan model pembelajaran NHT. Keunggulan STAD yaitu STAD memberikan pengalaman langsung kepada siswa dan bersifat student center. Keunggulan NHT yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling sharing ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat. Kata kunci: NHT, STAD, pemahaman materi pecahan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:32
Last Modified: 14 Nov 2022 03:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75066

Actions (login required)

View Item View Item