GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK BERPRESTASI AKADEMIK KELAS IV SD NEGERI 4 BENDUNGAN KAPANEWON WATES KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2021/2

Suci, Afriani Akhiri (2022) GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK BERPRESTASI AKADEMIK KELAS IV SD NEGERI 4 BENDUNGAN KAPANEWON WATES KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2021/2. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Afriani Akhiri Suci.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya belajar peserta didik berprestasi akademik di kelas IV SD Negeri 4 Bendungan Kapanewon Wates Kabupaten Kulon Progo. Aspek yang diteliti meliputi gaya belajar visual, auditori dan kinestetik (vak) yang dimiliki oleh peserta didik berprestasi akademik di kelas IV SD Negeri 4 Bendungan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga peserta didik berprestasi akademik di kelas IV SD Negeri 4 Bendungan yakni NAF, NMKH dan MB. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik berprestasi akademik di kelas IV SD Negeri 4 Bendungan tidak hanya menggunakan satu gaya belajar namun menggunakan kombinasi ketiga gaya belajar yakni gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Gaya belajar visual ditandai dengan penggunaan indera penglihatan, gaya belajar auditori ditandai dengan penggunaan indera pendengaran, dan gaya belajar kinestetik berorientasikan pada gerak dan aktivitas fisik. Kecenderungan gaya belajar yang dimiliki peserta didik berprestasi akademik berbeda-beda, dua peserta didik berprestasi akademik memiliki kecenderungan gaya belajar visual sedangkan satu peserta didik berprestasi akademik memiliki kecenderungan gaya belajar auditori. Kata Kunci: Gaya Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:07
Last Modified: 14 Nov 2022 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75062

Actions (login required)

View Item View Item