PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQW) SISWA KELAS V

Puspita, Rena (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQW) SISWA KELAS V. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Rena Puspita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Muhammadiyah Purwosari, melalui model pembelajaran kooperatif tipe Learning Starts With A Question. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Muhammadiyah Purwosari yang berjumlah 6 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan proses meningkatkan pembelajaran membaca pemahaman dengan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Starts With A Question adalah melalui 5 tahapan; membaca teks bacaan, pengumpulan data, menanya, mengolah informasi, penarikan kesimpulan. Hasil pelaksanaan tindakan kelas siklus I masih dirasa kurang, siswa masih mengalami kesulitan dalam penarikan kesimpulan. Dengan demikian perlu dilakukan siklus II guna menuntaskan kendala yang dialami pada siklus I. Peningkatan pada siklus II terjadi karena adanya perbaikan kekurangan di siklus I. Perbaikan tersebut dapat membuat siswa lebih berantusias, aktif, dan termotivasi mengikuti pembelajaran. Selanjutnya hasil proses peningkatan membaca pemahaman model pembelajaran kooperatif tipe Learning Starts With A Question yaitu: Pratindakan ke siklus I meningkat dari 50,33 menjadi 82,5. Dari siklus I ke siklus II meningkat dari 82,5 menjadi 92. Jadi peningkatan membaca pemahaman melalui model pembelajaran kooperatif tipe Learning Starts With A Question adalah dari 50,33 menjadi 82,5 menjadi 92. Peningkatan pada siklus II terjadi karena adanya perbaikan kekurangan pada tahap siklus I. Perbaikan tersebut dapat membuat keterampilan membaca pemahaman meningkat serta siswa lebih berantusias, aktif, dan termotivasi mengikuti pembelajaran. Kata kunci: keterampilan membaca pemahaman dan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Starts With A Question

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:03
Last Modified: 14 Nov 2022 03:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75061

Actions (login required)

View Item View Item