PENERAPAN SISTEM INFORMASI APLIKASI DATA POKOK PENDIDIKAN (DAPODIK) PADA BIDANG PEMBINAAN PAUD DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SLEMAN

Dharmantyas, Lulut (2020) PENERAPAN SISTEM INFORMASI APLIKASI DATA POKOK PENDIDIKAN (DAPODIK) PADA BIDANG PEMBINAAN PAUD DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_lulut dharmantyas_16101244003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan, manajemen mendeskripsikan kebijakan, manajemen (planning, organizing, actuating, controlling), kendala dan strategi dalam menanggulangi kendala pada pengelolaan dapodik Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah admin dan operator pengelolaan dapodik. Lokasi penelitian yaitu di Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara terstuktur, observasi non-partisipatif, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, data display, serta kesimpulan dan verifikasi data. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kebijakan dapodik bersumber pada kebijakan pemerintah pusat dan kabupaten. (2) Proses Manajemen meliputi: a. Perencanaan dengan cara memberikan bimbingan teknis kepada operator lembaga PAUD dan dikmas yang sudah memiliki NPSN; b. Pengorganisasian dengan cara menjalin kerjasama dengan organisasi mitra di setiap kecamatan serta dengan masing-masing operator dapodik di setiap lembaga pendidikan; c. Fungsi penggerakan oleh pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman belum terlalu terlihat; d. Pengawasan dilaksanakan oleh penilik PAUD Dikmas, Bidang Perencanaan dan Evaluasi Pendidikan, Pejabat Dinas Pendidikan terkait dan BP PAUD DIY. Namun pelaksanaan pengawasan tersebut belum maksimal, karena kurangnya komunikasi dan koordinasi. (3) Kendala yang ditemukan: web Manajemen PAUD dan Dikmas sering tidak dapat diakses, kurang ketelitian pihak sekolah dalam mengisi format, serta waktu pengelolaan yang dibersamai dengan pekerjaan yang lain. (4) Strategi penanggulangan kendala: memanfaatkan handphone milik pribadi masing-masing pegawai, serta mengganti hari pada saat libur kerja dan juga menambah jam pada hari kerja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Aplikasi Dapodik, Pelaksanaan, PAUD dan Pendidikan Masyarakat
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:21
Last Modified: 14 Nov 2022 04:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75058

Actions (login required)

View Item View Item