KEMITRAAN SD NEGERI 2 PENIRON DENGAN PAGUYUBAN SENI TRADISIONAL LANGEN BUDOYO DALAM PENGEMBANGAN EKSTRAKURIKULER KUDA LUMPING

Aji, Sumbogo Nur (2020) KEMITRAAN SD NEGERI 2 PENIRON DENGAN PAGUYUBAN SENI TRADISIONAL LANGEN BUDOYO DALAM PENGEMBANGAN EKSTRAKURIKULER KUDA LUMPING. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_sumbogo nur aji_15101241010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui latar belakang kemitraan antara SD Negeri 2 Peniron dengan grup kesenian kuda lumping setempat, (2) Mengetahui cara pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler kuda lumping di SD Negeri 2 Peniron, (3) Mengetahui dampak dari kemitraan SD Negeri 2 Peniron dengan grup kuda lumping bagi sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Ekstrakurikuler, Wali Murid, dan Masyarakat dengan total narasumber 4 orang. Lokasi penelitian yaitu di SD Negeri 2 Peniron. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model dari Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut (1) Kemitraan yang dilaksanakan merupakan pengembangan ekstrakurikuler kuda lumping yang sudah menjadi kesenian yang tumbuh di desa Peniron. Sekolah melibatkan masyarakat yang memang berkecimpung di kesenian kuda lumping yaitu paguyuban langen budoyo. Tujuan penyelenggaraan kerja sama sekolah dengan paguyuban kuda lumping yaitu sebagai usaha dalam pelestarian kesenian tradisional yang coba dikemas melalui kegiatan ekstrakurikuler sekolah. (2) Pengelolaan ekstrakurikuler kuda lumping di SD Negeri 2 Peniron dari segi pelaksanaan kegiatan yang fleksibel dalam jadwal pelaksanaan, melalui latihan bersama, peminjaman peralatan dari paguyuban seni, hingga layanan sekolah kepada para orang tua dan masyarakat dalam memberikan pembelajaran kesenian bagi para siswa. (3) Kemitraan yang dibentuk SD Negeri 2 Peniron dengan paguyuban langen budoyo membuahkan dampak baik bagi sekolah, yaitu a) pemenuhan sarana dan prasarana dari peminjaman peralatan milik paguyuban, b) siswa menjadi semangat dan antusias, dan c) torehan prestasi sekolah yang sudah diraih dari kegiatan kuda lumping.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemitraan, manajemen, ekstrakurikuler, kuda lumping.
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:09
Last Modified: 06 Dec 2022 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75039

Actions (login required)

View Item View Item