PEMANFAATAN KANAL YOUTUBE PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL SEBAGAI MEDIA PROMOSI SEKOLAH

Setiawan, Imam Heri (2020) PEMANFAATAN KANAL YOUTUBE PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL SEBAGAI MEDIA PROMOSI SEKOLAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_imam heri setiawan_15101244015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan kanal YouTube sebagai media promosi di Pondok Pesantren Muhammaidyah Boarding School Yogyakarta. Kemudian mengetahui bagaimana langkah evaluasi yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Muhammaidyah Boarding School Yogyakarta dalam pemanfaatan kanal YouTube sebagai media promosi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Wakil Direktur III, Kepala Bagian Humas, Kepala Bidang Multimedia dan siswa Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Instrumen penelitian dari penelitian kualitatif ini adalah peneliti sendiri. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan menjadi serangkaian kegiatan analisis yang saling berkaitan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan kanal YouTube sebagai media promosi di Pondok Pesantren Muhammaidyah Boarding School Yogyakarta, antara lain (a) membuat daftar kegiatan, kemudian mengutamakan kegiatan yang sudah diajukan terlebih dahulu terutama yang memiliki konsep promosi. (b) pengunggahan konten dilakukan secara up to date. (c) konten video tidak memiliki kesan yang negatif. (d) Sebelum mengunggah konten melakukan filter, editing dan evaluasi. (e) Tindak lanjutnya menerima saran maupun kritik terhadap video yang telah diunggah. Kemudian langkah evaluasi yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Muhammaidyah Boarding School Yogyakarta dalam pemanfaatan kanal YouTube sebagai media promosi (a) mengadakan rapat internal insidental yang diikuti oleh Wakil Direktur III, Bagian Humas dan Bidang Multimedia. (b) akan mempersiapkan laporan pertanggungjawaban yang nantinya akan dilaporkan kepada Wakil Direktur III. (c) dari laporan pertanggungjawaban dijadikan bahan evaluasi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: YouTube, School Promotion, Pesantren
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:06
Last Modified: 11 Nov 2022 04:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75038

Actions (login required)

View Item View Item