IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH SATU ATAP DI SD-SMP NEGERI 4 SATU ATAP SALAMAN

Prasetyo, Yuda Dwi (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH SATU ATAP DI SD-SMP NEGERI 4 SATU ATAP SALAMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_yuda dwi prasetyo_14101241027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan program SD-SMP Satu Atap (2) pelaksanaan program SD-SMP satu atap, (3) hambatan dalam pelaksanaan program SD-SMP satu atap, dan (4) strategi untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan program satu atap di SD-SMP Negeri 4 Satu Atap Salaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis naturalistik inkuiri. Informan meliputi kepala sekolah, waka SD, serta waka SMP. Lokasi penelitian di SD-SMP Negeri 4 Satu Atap Salaman di Desa Kalirejo Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis data menurut Miles & Huberman, serta keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut, (1) perencanaan pendidikan di SD-SMP Negeri 4 Satu Atap Salaman dilakukan dengan baik dan matang. Hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator diantaranya yaitu, penetapan kurikulum yang akan digunakan sekolah, analisa kebutuhan tenaga pendidik dan kependidikan sekolah, persiapan penerimaan peserta didik baru sekolah, analisa kebutuhan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran, dan penetapan sumber pendanaan/pembiayaan sekolah serta penyusunan Rencana Anggaran Belanja Sekolah satu atap. (2) SD-SMP Negeri 4 Satu Atap Salaman diselenggarakan sejak tahun 2010 dan telah berjalan sesuai dengan tujuan pendiriannya. Hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator diantaranya yaitu, penyusunan dan pelaksanaan RPP sesuai dengan kurikulum 2013 yang berlaku, jumlah pendidik dan tenaga kependidikan cukup, pembagian rombel sesuai dengan aturan, inventarisasi dan pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah dilaksanakan dengan baik, penggunaan dana BOS dan pembuatan laporan pertanggungjawaban sesuai dengan petunjuk teknis dana BOS. (3) faktor penghambat dalam pelaksanaan program sekolah satu atap di SD-SMP Negeri 4 Satu Atap Salaman yaitu: kekurangan empat orang tenaga pendidik SMP dan satu pegawai TU SD, dan sarana dan prasarana sekolah yang kurang lengkap. (4) strategi mengatasi hambatan dalam pelaksanaan progran sekolah satu atap di SD-SMP Negeri 4 Satu Atap Salaman yaitu: pengoptimalan tenaga pendidik yang ada serta pengajuan permohonan penambahan guru PNS kepada dinas pendidikan, dan pengoptimalan penggunaan sarana dan prasarana yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: implementasi program, sekolah satu atap, program pendidikan
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 11 Nov 2022 01:58
Last Modified: 06 Dec 2022 04:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75037

Actions (login required)

View Item View Item