Survei Sarana dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMK Se-Kota Cilacap

Rozi, Muhammad Fiqih Fathur (2022) Survei Sarana dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMK Se-Kota Cilacap. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muhammad fiqih fathur rozi_18601244045.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan, kondisi dan status kepemilikan sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani di SMK se-Kota Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei menggunakan instrumen lembar observasi. Populasi penelitian ini adalah 11 SMK. Dikarenakan beberapa sekolah tidak memungkinkan untuk dilakukan penelitian sehingga penulis hanya melakukan penelitian di 5 sekolah. Populasi penelitian ini adalah 11 sekolah, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan menggunakan 5 sampel sekolah sebagai subjek penelitian. Semua sekolah dijadikan subjek penelitian sehingga penelitian ini dapat dinyatakan sebagai penelitian populasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analis deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk mengklasifikasikan jenis sarana dan prasarana pendidikan jasmani dan diolah menjadi data persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan sarana pendidikan jasmani di SMK se-Kota Cilacap dikategorisasikan menunjukkan bahwa SMK N 1 dan SMK N 2 Cilacap termasuk dalam kategori baik sebesar 40%. SMK Dr. Soetomo dan SMK Makmur 1 termasuk dalam kategori sedang sebesar 40%. Sarana di SMK Muhammadiyah 1 termasuk dalam kategori kurang sekali sebesar 20%. Selain itu pengkategorisasian ketersediaan prasarana pendidikan jasmani di SMK se-Kota Cilacap menunjukkan bahwa SMK N 1 dan SMK N 2 Cilacap termasuk dalam kategori baik sebesar 40%. SMK Dr. Soetomo, SMK Muhammadiyah 1 dan SMK Makmur 1 termasuk dalam kategori kurang sekali sebesar 60%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Agus Sumhendartin Suryobroto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: sarana dan prasarana pendidikan jasmani, SMK se-kota Cilacap, pembelajaran
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Nov 2022 06:26
Last Modified: 17 Nov 2022 06:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75032

Actions (login required)

View Item View Item