MANAJEMEN PEMBELAJARAN SENTRA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI PRA TK-TK LAZUARDI AL-FALAH KLATEN

Akasah, Isnia Arsy (2020) MANAJEMEN PEMBELAJARAN SENTRA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI PRA TK-TK LAZUARDI AL-FALAH KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_isnia arsy akasah_16101244016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan dan (3) Evaluasi dalam menerapkan pembelajaran sentra berbasis multiple intelligences di Pra TK-TK Lazuardi Al-falah Klaten. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil direksi, guru kelas, dan guru pendamping. Lokasi penelitian di Pra TK-TK Lazuardi Al-falah Klaten. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan pembelajaran diwujudkan dengan program tahunan, program semester, agenda, silabus, IEP (Individual Evaluation Program), dan kalender akademik dengan berpedoman pada silabus yang berasal dari pusat Lazuardi Cinere. Pembelajaran dilaksanakan dengan sistem sentra dengan metode kontekstual atau belajar secara langsung, sedangkan media pembelajaran disesuaikan dengan sentra yang akan digunakan. Pegelolaan kelas sentra dilakukan dengan mengatur posisi, tema, desain, dan peralatan permainan yang ada di sentra masing-masing. (2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui tahap: line up, kegiatan pembukaan, kegiatan inti/sentra yang terdiri dari pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan selama main, dan pijakan setelah main, istirahat, dan kegiatan penutup. (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan beberapa teknik, antara lain catatan anekdot, hasil karya atau worksheets, unjuk kerja, dan observasi. Setiap teknik digunakan untuk menilai perkembangan anak selama pembelajaran. Evaluasi program dilakukan dengan melakukan penilaian terhadap kinerja guru, program pembelajaran, dan administrasi kelompok.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pembelajaran Sentra, Multiple Intelligences, PAUD
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:32
Last Modified: 10 Nov 2022 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75025

Actions (login required)

View Item View Item