KETERCAPAIAN PROGRAM SEKOLAH SIAGA BENCANA (SSB) DI SEKOLAH DASAR UNGGULAN ‘AISYIYAH BANTUL

Sastiarini, Kasniati (2020) KETERCAPAIAN PROGRAM SEKOLAH SIAGA BENCANA (SSB) DI SEKOLAH DASAR UNGGULAN ‘AISYIYAH BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_kasniati sastiarini_16101241011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat ketercapaian pelaksanaan program Sekolah Siaga Bencana (SSB) di Sekolah Dasar Unggulan ‘Aisyiyah Bantul dari komponen: (1) context (konteks): latar belakang dan tujuan program (2) input (masukan): kurikulum, sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana (3) process (proses): jenis kegiatan dan waktu pelaksanaan (4) product (produk): hasil pelaksanaan program. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi CIPP yang dicetuskan oleh Stufflebeam. Informan utama penelitian yaitu ketua tim SSB, sedangkan informan pendukung adalah anggota tim SSB, kepala sekolah, wakil kepala bidang kesiswaan dan kurikulum, wakil kepala bidang personalia, wakil kepala bidang sarana dan prasarana, wakil kepala bidang humas dan budaya, guru, karyawan, serta siswa. Setting penelitian ini adalah Sekolah Dasar Unggulan ‘Aisyiyah Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Uji keabsahan data dengan analisis triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan ketercapaian pelaksanaan program (1) context (konteks): latar belakang dan tujuan program dijustifikasi berhasil, karena semua berkriteria baik. (2) Input (masukan): kurikulum program dalam kategori cukup. Siswa, guru dan karyawan, serta penyelenggara program dikategorikan baik. Prasarana program dalam kategori baik dan sarana program dikategorikan kurang, sehingga dapat disimpulkan bahwa komponen input (masukan) program dijustifikasi cukup berhasil, karena empat komponen berkriteria baik. (3) Process (proses): jenis kegiatan dan waktu pelaksanaan program dijustifikasi cukup berhasil, karena semua berkriteria cukup. (4) Product (produk): hasil pelaksanaan program dijustifikasi cukup berhasil, karena masih terdapat satu standar indikator yang belum terpenuhi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ketercapaian program, sekolah siaga bencana, sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:16
Last Modified: 10 Nov 2022 07:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75024

Actions (login required)

View Item View Item