KINERJA TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH (TAS) DI SMA NEGERI 1 SEWON KABUPATEN BANTUL

Fitriana, Rahmi Candra (2020) KINERJA TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH (TAS) DI SMA NEGERI 1 SEWON KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_rahmi candra fitriana_16101241007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja tenaga administrasi sekolah SMA Negeri 1 Sewon Kabupaten Bantul dilihat dari: (1) kinerja tenaga administrasi; (2) kendala internal dan eksternal yang dihadapi tenaga administrasi dan (3) solusi dalam menghadapi kendala internal dan eksternal tenaga administrasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, kepala tenaga administrasi sekolah dan personil tenaga administrasi sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan Analysis Interactive Model dari Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian tentang kinerja tenaga administrasi sekolah di SMA Negeri 1 Sewon adalah sebagai berikut: (1) kinerja tenaga administrasi sekolah melaksanakan urusan administrasi kepegawaian, keuangan, sarana prasarana, persuratan dan kearsipan, kesiswaan, kurikulum, hubungan sekolah dengan masyarakat. Kegiatan administrasi di SMA Negeri 1 Sewon dilaksanakan dengan baik dan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah; (2) kendala tenaga administrasi sekolah yaitu terdapat kendala internal dan eksternal. Kendala internal berupa kurangnya kompetensi teknis dan kompetensi manajerial. Kendala eksternal berupa sarana prasarana pendukung pekerjaan yaitu sempitnya kantor tenaga administrasi sekolah dan job deskripsi yaitu berkaitan dengan kekurangan tenaga administrasi sekolah; (3) solusi dalam menghadapi kendala internal yaitu dengan cara meminta bantuan tim TI yang sudah profesional, meminta bimbingan, bantuan, serta kerjasama dengan kepala sekolah dan tenaga administrasi lainnya. solusi dalam menghadapi kendala eksternal yaitu dengan cara tata ulang layout kantor tenaga administrasi sekolah dan memberikan tugas tambahan kepada tenaga administrasi sekolah

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kinerja, tenaga administrasi sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:07
Last Modified: 10 Nov 2022 07:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75021

Actions (login required)

View Item View Item