PENERAPAN PMRI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER

Aulia Musla, Mustika (2012) PENERAPAN PMRI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. pp. 1-10. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 13.pdf

Download (327kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Kita mengenal istilah ‘pendidikan karakter’ dalam Sistem Pendidikan Nasional sebagai salah satu solusi terhadap fakta bahwa Indonesia berada pada penilaian rendah sebagai negara yang bersih dari korupsi. Tujuan pendidikan karakter secara umum adalah untuk memperbaiki kualitas karakter bangsa Indonesia melalui bangku sekolah. Salah satu upaya yang bisa dilakukan agar pendidikan karakter tetap mampu dilaksanakan adalah dengan mengolaborasikannya dengan mata pelajaran yang dipelajari siswa secara langsung. Selama ini, guru-guru mengajarkan materi pelajaran, teutama sains, tanpa melihat bahwa sesungguhnya ada nilai-nilai yang dapat ditanamkan pada siswa. Sudah saatnya memunculkan nilai-nilai tersebut di dalam pembelajaran, salah satunya pembelajaran matematika. Kita mengenal sebuah pendekatan pembelajaran bernama Realistic Mathematics Education (RME) yang dipelopori di Belanda kemudian diadaptasi menjadi Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Peluang untuk memahatkan karakter-karakter tersebut menjadi dimungkinkan karena paradigma pembelajaran PMRI seperti yang dapat dicermati melalui landasan filosofis, prinsip, dan karakteristiknya menjamin bahwa PMRI sangat potensial dalam menumbuhkan dan memahatkan karakter-karakter tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Dilakukan observasi, wawancara, dan pengumpulan data melalui dokumen-dokumen sekolah untuk melihat karakter-karakter yang terbentuk di dalam diri siswa, baik ketika pembelajaran maupun setelah pembelajaran matematika dengan metode PMRI.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 23 Nov 2012 00:39
Last Modified: 23 Nov 2012 00:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7502

Actions (login required)

View Item View Item