PERAN ORANG TUA SISWA DALAM PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI KRAPYAK WETAN

Fitriyani, Ummu (2019) PERAN ORANG TUA SISWA DALAM PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI KRAPYAK WETAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_ummu fitriyani_15101241032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Paguyuban Orang Tua (POT) dalam pembiayaan pendidikan di SD N Krapyak Wetan. Penelitian ini mendeskripsikan peran POT dalam proses pembiayaan, faktor pendukung, faktor penghambat, solusi mengatasi hambatan, manfaat POT, dukungan pembiayaan POT, dan tujuan dukungan pembiayaan POT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Krapyak Wetan. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, bendahara sekolah, guru, komite sekolah, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa POT terlibat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembiayaan di SD N Krapyak Wetan yang bersumber dari dana BOS dan bantuan dari orang tua. Faktor pendukung keterlibatan POT yaitu kepedulian dan kesadaran orang tua terhadap biaya pendidikan serta komunikasi yang baik. Faktor penghambat keterlibatan POT yaitu faktor ekonomi, ketidakmampuan kehadiran, dan hambatan komunikasi bagi orang tua yang tidak menggunakan aplikasi Whatsapp. Solusi untuk mengatasi hambatan keterlibatan POT yaitu sekolah memahami kondisi ekonomi orang tua, memberikan edukasi pentingnya dukungan orang tua, memberikan imbauan agar orang tua aktif menghadiri kegiatan sekolah, dan memberikan surat edaran kepada seluruh orang tua. POT diperlukan dalam pembiayaan pendidikan di SD N Krapyak Wetan karena POT membantu pembiayaan sekolah yang tidak dapat dicakup BOS, menjadi wadah partisipasi, kritik, dan saran orang tua untuk sekolah, membantu mewujudkan kemandirian sekolah, mengelola infak dan biaya pribadi siswa, menjembatani pertemuan antara pihak sekolah dan orang tua, serta membantu guru menyebarkan informasi. Dukungan pembiayaan dari POT terdiri dari dua jenis biaya, yaitu biaya moneter dan biaya non-moneter. Tujuan dukungan dari POT adalah membantu terlaksanaya pembelajaran, mendukung prestasi siswa, membantu anak belajar di rumah, dan membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan sekolah yang berdampak pada peningkatan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: orang tua, pembiayaan pendidikan
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:33
Last Modified: 06 Dec 2022 03:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75015

Actions (login required)

View Item View Item