MANAJEMEN PERPUSTAKAAN BERBASIS SISTEM OTOMASI DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN DAN SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KABUPATEN SLEMAN

Apriyanto, Ridwan Eko (2020) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN BERBASIS SISTEM OTOMASI DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN DAN SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_ridwan eko apriyanto_16101244014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengomparasikan mengenai perencanaan, pengorganisasian, penggerakan & pengawasan perpustakaan berbasis sistem otomasi pada sekolah jenjang SMA. Keempat aspek tersebut diterapkan oleh beberapa pihak seperti kepala sekolah, wakil kepala bidang sarana & prasarana serta pustakawan ataupun tenaga pengelola perpustakaan pada sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala bidang sarana prasarana, kepala perpustakaan, pustakawan dan tenaga pengelola perpustakaan. Penelitian ini bertempat di SMA Negeri 1 Prambanan Klaten dan SMA Negeri 1 Prambanan Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi sumber data dan teknik pengambilan data. Analisis data menggunakan Miles, Huberman dan Saldana dengan tahapan data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Penelitian pada SMA Negeri 1 Prambanan Klaten & SMA Negeri 1 Prambanan Sleman diberlakukan dengan metode yang sama sehingga hasilnya menunjukkan sebagai berikut. (1) Aspek perencanaan perpustakaan berbasis sistem otomasi di SMA Negeri 1 Prambanan Klaten bahwa kebijakan otomasi didasarkan pada inisiatif internal pengelola perpustakaan sedangkan SMA Negeri 1 Prambanan Sleman kebijakan otomasi didasarkan pada tuntutan akreditasi. (2) Aspek pengorganisasian sumber daya manusia perpustakaan selaras pada kedua sekolah yakni berdasarkan kewenangan kepala perpustakaan. (3) Aspek penggerakan melalui kepemimpinan kepala perpustakaan kedua sekolah dinilai dapat mengembangkan perpustakaan melalui penerapan sistem otomasi serta melalui upaya lainnya seperti pemeliharaan, kerjasama serta pengembangan kemampuan. (4) Aspek pengawasan perpustakaan kedua sekolah diterapkan dengan teknik yang sama yakni monitoring secara langsung serta melalui pelaporan perpustakaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Perpustakaan, Sistem Otomasi, SLiMS
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 10 Nov 2022 02:49
Last Modified: 10 Nov 2022 02:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75014

Actions (login required)

View Item View Item