STRATEGI PEMASARAN UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA

Masdanti, Aisyah Ambar (2019) STRATEGI PEMASARAN UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_aisyah ambar masdanti_13101241059.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran Universitas „Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) yang mencakup segmentasi pasar, penetapan target pasar, diferensiasi pasar dan positioning. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Subjek penelitian ini adalah Wakil Rektor II; Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan; dan Staf Biro Admisi UNISA. Lokasi penelitian berada di Universitas „Aisyiyah Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis model interaktif Miles & Huberman dan model Spradley. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut (1) Segmentasi pasar yang dilakukan UNISA sudah jelas dan melewati tahapan segmentasi yang efektif. (2) Penetapan target pasar diawali dengan evaluasi segmen pasar. UNISA setiap tahun melakukan evaluasi segmen pasar, melihat dari ukuran dan pertumbuhan pasar, daya tarik struktur segmen, tujuan dan SDM. Tahapan yang dilakukan untuk memilih segmen pasar yang selanjutnya menjadi target pasar sudah sesuai dengan hasil yang diharapkan. (3) Identifikasi keunggulan UNISA berdasarkan pada visi, misi, tujuan dan analisis SWOT. Keunggulan UNISA adalah sebagai kampus berwawasan kesehatan bedasarkan nilai-nilai Islam berkemajuan. Keunggulan tersebut dipublikasikan melalui media cetak dan media digital. (4) UNISA saat ini berada dalam tahap tumbuh yaitu tahapan awal di mana masih berfokus pada membangun kelembagaan, infrastruktur, dan branding. UNISA dapat berkembang karena memiliki SDM yang berkomitmen tinggi, rutin melakukan evaluasi, dan mengatasi tantangan-tantangan yang sedang dihadapi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Perguruan Tinggi, Perguruan Tinggi Swasta
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 09 Nov 2022 03:46
Last Modified: 06 Dec 2022 01:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75001

Actions (login required)

View Item View Item