Habsoro, Adhika Irsyad (2019) PERAN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT DI SMK NEGERI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
fulltext_adhika irsyad habsoro_15101241019.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peran humas dalam membangun citra, (2) peran humas dalam penanganan lulusan, (3) kendala dan solusi dalam mengoptimalkan peran humas di SMK Negeri di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala sekolah bidang humas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Peram humas di SMK Negeri Kota Yogyakarta dibangun dengan cara. (a) sebagai komunikator dengan melakukan komunikasi, baik itu dengan lingkup internal dan eksternal untuk menjalin kerja sama dan membangun citra. (b) melakukan pemberitaan dan publikasi. (c) sebagai pembina hubungan dengan melakukan kerjasama kepada pihak eksternal. (d) membentuk citra positif melalui kegiatan yang melibatkan masyarakat (2) Kendala humas dalam penanganan lulusan yaitu kurangnya SDM di bidang humas dan sumber dana yang masih terbatas, solusi guna mengatasi kendala kurangnya staf humas yaitu memberdayakan guru dan tenaga kependidikan yang memiliki potensi serta kompetensi yang bagus, mengadakan kegiatan-kegiatan seperti Job Fair, pameran sekolah, bakti sosial.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran humas, citra sekolah, bentuk kegiatan humas |
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 03:24 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 01:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74999 |
Actions (login required)
View Item |