Persepsi Mahasiswa PJKR Universitas Negeri Yogyakarta Dalam Mengikuti Kuliah Pembelajaran Renang di Masa Pandemi Covid-19

Saputro, Benny Iyan Agus (2022) Persepsi Mahasiswa PJKR Universitas Negeri Yogyakarta Dalam Mengikuti Kuliah Pembelajaran Renang di Masa Pandemi Covid-19. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_benny iyan agus saputro_18601241123.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa PJKR Universitas Negeri Yogyakarta dalam mengikuti kuliah pembelajaran renang di masa pandemic Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PJKR Universitas Negeri Yogyakarta. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik snowball yang merupakan suatu teknik multitahapan, didasarkan pada analogi bola salju, yang dimulai dengan bola salju yang kecil kemudian membesar secara bertahap karena ada penambahan salju ketika digulingkan dalam hamparan salju. Peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian ini.Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara semi-terstruktur agar dapat mengarahkan kejujuran sikap dan pemikiran subjek penelitian sehingga informasi yang didapatkan sesuai dengan focus permasalahan. Hasil wawancara direkam dengan alat perekam dan ditranskrip untuk keperluan analisis. Analisis dalam penelitian ini dibantu dengan menggunakan aplikasi Atlas.ti 22. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa bahwa proses pembelajaran renang di masa pandemi Covid-19 dilaksanakan secara daring dan luring. Strategi pembelajaran yang diterapkan oleh dosen selama kegiatan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 dinilai sudah sangat tepat. Kebutuhan fasilitas yang disediakan pihak kampus terkait sarana dan prasarana pembelajaran sudah terpenuhi. Proses pembelajaran menggunakan metode microteaching sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam mengajar. Dengan strategi dan metode yang diterapkan selama pembelajaran renang menghasilkan hasil (output) antara lain pemahaman dan keterampilan dalam mengajar, serta menghasilkan hal dan pengalaman baru.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hedi Ardiyanto Hermawan, M.Or.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran renang, mahasiswa PJKR, pandemi Covid-19
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 15 Nov 2022 04:00
Last Modified: 15 Nov 2022 04:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74995

Actions (login required)

View Item View Item