Manajemen Pengelolaan Stadion Menak Sopal Sebagai Sarana Prasarana Olahraga, Rekreasi, dan Bisnis di Kabupaten Trenggalek

Faradilla, Dita (2022) Manajemen Pengelolaan Stadion Menak Sopal Sebagai Sarana Prasarana Olahraga, Rekreasi, dan Bisnis di Kabupaten Trenggalek. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_dita faradilla_18603141006.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam sebuah pengelolaan fasilitas olahraga seperti stadion tentunya tidak telepas dari adanya proses manajemen pengelolaan. Stadion Menak Sopal adalah satu-satunya stadion kebanggaan masyarakat Trenggalek. Untuk tercapainya tujuan sebagai sebuah sarana prasarana olahraga, rekreasi dan bisnis, Stadion Menak Sopal memerlukan manajemen pengelolaan yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam pengelolaan Stadion Menak Sopal sebagai sarana prasarana olahraga, rekreasi dan bisnis di Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik purposive sampling. Sampel yang diperolah yaitu Kepala Bidang Pemuda Olahraga, Kepala Seksi Bidang Olahraga yang berwenang mengelola Stadion Menak Sopal dan masyarakat pengguna Stadion Menak Sopal. Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan peneliti. Dalam analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian penerapan fungsi-fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengontrolan sudah dilaksanakan. Disamping tujuan utama untuk sarana olahraga, Stadion Menak Sopal juga digunakan sebagai sarana rekreasi dan juga bisnis. Pemanfaatan stadion masih belum maksimal dikarenakan masih ada beberapa fasilitas yang masih perlu di perbaiki. Pembangunan terus dilakukan di Stadion Menak Sopal seperti rencana penggantian rumput lapangan, renovasi gedung dan perawatan fasilitas merupakan prioritas utama.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ahmad Nasrulloh, M.Or.
Uncontrolled Keywords: manajemen, fungsi manajemen, Stadion Menak Sopal
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 09 Nov 2022 01:24
Last Modified: 09 Nov 2022 01:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74993

Actions (login required)

View Item View Item